Perencanaan

Dalam setiap akan memulai suatu pekerjaan, sangat dianjurkan untuk merencanakannya terlebih dahulu. Begitu pula dengan dunia pembangunan atau konstruksi. Bahkan perencaan itu sudah jadi hal yang wajib, agar nantinya bisa  mendapatkan hasil yang memuaskan. Perencanaan yang dimaksud dalam banguan itu bermacam-macam. Menurut garis besarnya, perencanaan identik dengan desain atau arsitektur. Dalam hal ini yang dimaksut adalah perencanaan desain bangunan. Desain itu sendiri jika dipilah-pilah lagi ada beberapa macam diantaranya :

1. Desain arsitektur

2. Desain struktur

3. Desain mechanical dan electrical

4. Desain interior

5. Desain taman / landscape.

Dalam proses pengerjaan perencanaan desain, banyak sekali hal-hal yang perlu dipertimbangkan sehingga waktu pengerjaannyapun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain menggabungkan unsur seni dan fungsi bangunan, desain juga tidak lepas dari unsur kekuatan bangunan atau desain dari struktur bangunan itu nantinya.

Di dalam proses penggabungan desain arsitek dan desain struktur inilah biasanya sering terjadi ketidak cocokan antara satu dan yang lain. Oleh karena itu dalam pengerjaannya sangat dibutuhkan koordinasi yang sangat intens. Begitu juga dengan desain mechanical dan electrical.

Jadi pada dasarnya, perencanaan sebuah bangunan harus benar-benar dibuat secara matang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s